Serba-Serbi Tes Online BUMN yang Berbeda dari Sebelumnya

Serba-Serbi Tes Online BUMN yang Berbeda dari Sebelumnya

Pada perangkat yang akan digunakan, peserta tes online BUMN Tahap 1 Tahun 2024 harus mengunduh dan menginstal Safe Exam Browser atau yang disingkat SEB. Dan ini kali pertama diterapkan.

Sebuah program bernama SEB ini berfungsi sebagai pengawas bagi Anda yang mengikuti proses rekrutmen, untuk memastikan bahwa peserta hanya berkonsentrasi pada soal tes yang ditawarkan.

Adanya perangkat lunak ini sendiri akan membatasi kemampuan peserta untuk mengakses aplikasi dan halaman lain di perangkatnya. Dengan demikian, keamanan dan integritas tes online RBB 2024 akan terjamin.

Jadwal Tes Online BUMN Tahun 2024

Kalender dan tahapan rekrutmen pada tahun ini akan berlangsung mulai bulan Maret hingga Juli. Pendaftaran, ujian, pengumuman hingga pelantikan atau inagurasi, adalah bagian dari proses seleksi.

Bagi Anda yang lolos seleksi administrasi, langkah selanjutnya adalah bersiap mengikuti ujian yang akan dilaksanakan pada 1 tanggal 27 April – 4 Mei 2024. Anda yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, sebelum melaksanakan ujian akan diundang untuk mengikuti uji coba alias trial tahap 1 yang dijadwalkan pada 24-26 April 2024.

Adapun peserta yang mengikuti ujian uji coba ini tidak lain adalah untuk melihat seberapa baik untuk dapat menggunakan aplikasi Safe Exam Browser (SEB), yang nantinya akan digunakan pada ujian sebenarnya. Selain untuk memastikan bahwa Anda merasa nyaman dan siap menggunakan SEB, tujuan dari uji coba ini adalah untuk menemukan dan memperbaiki potensi masalah teknologi yang mungkin muncul tes online BUMN.

Dalam hal ini, setiap peserta akan memiliki jadwal tes uji coba yang berbeda-beda, di mana akan diungkapkan melalui pemberitahuan resmi yang dikirimkan langsung melalui email juga laman RBB masing-masing.

Apakah Harus Mengikuti Tes Uji Coba Online BUMN?

Anda mungkin tidak terbiasa dengan fitur atau pengoperasian SEB, yang dapat menyulitkan sebagian peserta untuk menggunakan aplikasi pada waktu ujian.

Namun jika Anda memilih untuk tidak mengikuti tes uji coba ini sebelum ujian utamanya, baik sengaja maupun betul-betul terkendala maka akan ada hal-hal yang mengaburkan penilaian berbasis web. Selanjutnya, peserta tes online BUMN pada hari pelaksanaannya tidak diberi kesempatan untuk memverifikasi apakah gadgetnya kompatibel dengan SEB, atau kameranya beroperasi dengan benar untuk tujuan pemantauan.

Kegagalan menguji aplikasi SEB pada tahap trial ini dapat mengakibatkan peserta mengalami masalah teknis, seperti koneksi jaringan yang tidak dapat diandalkan atau tidak kompatibel dengan versi browser tertentu. Jika Anda tidak membuat rencana sebelumnya, besar kemungkinan untuk memerlukan lebih banyak waktu dalam mengunduh dan menyiapkan SEB, yang dapat mengurangi waktu untuk mempraktikkan teknik belajar.

Dari penjelasan ini menunjukkan bahwa, melewatkan ujian uji coba online meningkatkan kemungkinan ketidaksiapan dan kemungkinan mengalami masalah teknis selama ujian online utama.

Model Soal Dalam Tes Online BUMN

Selama proses seleksi, setiap kandidat akan dibagi model soal ujiannya berdasarkan tingkat pendidikan diantaranya untuk gelar sarjana maupun diploma, dan kelulusan sekolah menengah atas. Dan proses ini berlanjut hingga peresmian.

Wawasan kebangsaan dan ketangkasan belajar, merupakan dua jenis tes baru yang digunakan dalam proses rekrutmen tahun ini. Adapun dalam Tes Online BUMN 2024 akan dimasukan soal-soal yang berkaitan dengan TKD (Tes Kompetensi Dasar), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), Nilai-Nilai Inti (AKHLAK), Bahasa Inggris, dan Ketangkasan Belajar.

Semua jenis tes diwajibkan bagi peserta pada semua tingkat Pendidikan, namun tidak ada tes bahasa Inggris bagi peserta dengan lulusan sekolah menengah atas atau sederajat. Kemudian untuk nilai TKD sendiri yang harus dimiliki peserta adalah minimal dan wajib sebesar 58. Jumlah tersebut sesuai dengan batasan yang ditetapkan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN.

Ambang batas tersebut bukanlah nilai tetap, melainkan merupakan filter yang menunjukkan apakah peserta memiliki keterampilan dasar yang diperlukan untuk sukses di lingkungan BUMN. Namun perlu diingat bahwa ada faktor lain yang menentukan kelulusan tes online BUMN selain nilai TKD, yakni Anda juga wajib mendapatkan nilai AKHLAK atau nilai-nilai utama perusahaan minimal 65.

Kapasitas Perusahaan dengan Integritas Baik

Sebuah perusahaan tentu mencari orang-orang yang memiliki integritas, etika kerja yang baik, dan kapasitas kerja sama tim selain individu yang memiliki kemampuan teknis yang baik.

Meskipun demikian, hal-hal yang disebutkan di atas tidak menjamin bahwa individu yang nilainya berada dalam atau melampaui batas akan maju ke babak berikutnya.

Pasalnya, lolosnya setiap individu juga bergantung pada peringkat terkait perusahaan yang Anda lamar dan berapa persyaratan kuota yang dimilikinya.

Akan sulit bagi seorang peserta untuk melaju ke babak berikutnya jika ia memperoleh nilai kelulusan pada TKD dan AKHLAK, namun menduduki peringkat terakhir dan tidak memenuhi kuota. Oleh karena itu mendapatkan skor terbaik dalam tes online BUMN bukanlah tujuan akhir, sebaliknya ini hanyalah awal dari jalan panjang menuju kesuksesan.

CATEGORIES
Share This