Manfaat Menjadi Anggota OECD bagi Indonesia Jika Bergabung

Manfaat Menjadi Anggota OECD bagi Indonesia Jika Bergabung

OECD atau organisation for economic co-operation and development sendiri merupakan sebuah organisasi international yang memiliki kepentingan dalam mempromosikan koordinasi atau kebebasan ekonomi di segelintir negara maju. Tentu hal ini menjadi berita bagus bagi Indonesia, karena ekonomi nasional bisa terdongkrak karena OECD akan membantu merumuskan suatu kebijakan ekonomi secara tepat dan akurat.

Ada banyak manfaat menjadi anggota OECD jika suatu negara ikut bergabung. Mengingat Indonesia sekarang ini sedang ada dalam proses aksesi untuk jadi anggota organisasi tersebut. Indonesia telah menjadi tuan rumah untuk perjamuan makan malam Organization for Economic Co-operation and Development yang diikuti oleh 28 negara. Acaranya berlangsung di Park Hyatt Hotel Jakarta.

Manfaat Menjadi Anggota OECD Jika Indonesia Bergabung

Apabila suatu saat Indonesia bergabung menjadi bagian dari Organization for Economic Co-operation and Development, akan mendapatkan sejumlah manfaat di bawah ini.

1. Meraih Tujuan Strategis Nasional

Salah satu manfaat menjadi anggota OECD ialah membantu Indonesia untuk meraih tujuan strategis nasional. Tentu untuk meraih tujuan tersebut diperlukan banyak usaha. Apabila bergabung dengan organisasi tersebut, akan mendapatkan sarana maupun prasarana untuk memandu pembuat kebijakan sehingga senantiasa bergerak ke depan. Khususnya bisa melakukan penyesuaian dengan standar internasional.

Keadaan tersebut akan terwujud ketika bergabung di Organization for Economic Co-operation and Development. Jadi, manfaatnya sangat penting bagi negara untuk mencapai tujuannya. Beragam institusi maupun pembuat kebijakan di tanah air dapat menerima manfaat dari proses bergabungnya negara pada Organization for Economic Co-operation and Development.
Misalnya saja membantu penyusunan kebijakan dengan mengikuti bukti dan analisis. Mengikutsertakan aspek reformasi lingkungan, sosial hingga tata kelola.

Jadi, nanti kebijakan nasional dapat mengikuti perubahan struktural termasuk dekarbonisasi, digitalisasi sampai masalah demografi. Bukan membuat kebijakan berdasarkan teori atau permasalahan klasik. Apabila berhasil menyusun kebijakannya secara tepat, maka dapat menghindari “middle income trap”. Negara yang pernah terjerat masalah tersebut adalah Korea Selatan.

2. Stabilitas Ekonomi Nasional

Manfaat menjadi anggota OECD lainnya ialah stabilitas ekonomi. Alasannya ialah organisasi tersebut mendukung stabilitas ekonomi setiap anggota di dalamnya. Jadi, apabila Indonesia turut bergabung, tentu stabilitas ekonomi nasional juga akan terwujud. Stabilitas ekonomi sendiri bukan keadaan yang mudah untuk diraih. Terutama jika mengikuti standar global atau internasional.

Oleh karenanya, diperlukan bantuan dari pihak lain untuk membantu meraih stabilitas ekonomi. Salah satu bentuk bantuannya ialah Organization for Economic Co-operation and Development. Ketika suatu saat bergabung, akan menjadi tanda betapa berkomitmennya Indonesia dalam meraih stabilitas ekonomi. Khususnya mengikuti standar internasional.

3. Menarik Investasi Asing

Manfaat menjadi anggota OECD lainnya ialah menarik investasi asing. Status keanggotaan organisasi ini tentu akan menambah citra positif Indonesia di mata pada investor. Citra juga akan meningkat karena kebijakan organisasi cukup terbuka. Jadi, investor akan mendapat gambaran lebih jelas sebelum berinvestasi di suatu negara.

Apabila ingin menarik investor tentu memerlukan berbagai usaha. Salah satunya ialah bergabung dalam OECD. Nanti, Indonesia dapat memanfaatkan Foreign Direct Investment (FDI) guna mendukung program pembangunan.

4. Transfer Pengetahuan Negara Maju

Apabila bergabung dengan Organization for Economic Co-operation and Development, Indonesia bisa belajar banyak hal dari negara maju. Banyak sekali ilmu yang dimiliki oleh negara lain. Oleh karenanya, ilmu pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu kemajuan bangsa. Adanya transfer pengetahuan di suatu organisasi sudah tentu akan sangat bermanfaat.

Organization for Economic Co-operation and Development sendiri dapat dianggap sebagai Global Think Thank. Karena, di dalamnya ada akses luas terkait sumber informasi maupun pengetahuan. Begitu menjadi anggota resmi, Indonesia akan terbantu untuk mengatasi beragam tantangan perekonomian nasional.

Bukan hanya membantu memperbaiki kebijakan yang telah ada, akan tetapi juga dapat membantu merancang strategi baru. Bahkan, jika resmi menjadi anggota, negara ini akan lebih terbantu dalam menemukan solusi ketika menemui isu potensial. Jadi, perekonomian nasional sudah tentu akan menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan Pendapatan per Kapita

Manfaat menjadi anggota OECD berikutnya ialah mendorong meningkatnya pendapatan per kapita. Jika dibandingkan negara lain, pendapatan per kapita negara ini masih tergolong rendah. Kebanyakan pendapatan per kapita anggota OECD ialah lebih dari 10.000 dollar AS. Sementara Indonesia hanya mempunyai pendapatan per kapita sekitar 5.000 dollar AS.

Jadi, apabila bergabung dengan organisasi tersebut, tentu akan membantu meningkatkan pendapatan per kapita. Meningkatnya pendapatan per kapita akan berdampak baik untuk ekonomi nasional. Bayangkan saja apabila pendapatan per kapita yang sebelumnya sekitar 5.000 dollar AS menjadi 11.000 dollar AS. Tentu saja masyarakat jadi jauh lebih sejahtera.

6. Penelitian Kebijakan

Manfaat menjadi anggota OECD lainnya ialah mendapat kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas penelitian kebijakan lintas negara. Mempelajari kebijakan negara lain tentu memberikan pemahaman yang lebih baik bagi Indonesia terkait pembuatan kebijakan.

Lantas, Indonesia dapat membuat kebijakan baru yang lebih baik bercermin pada kebijakan dari negara lain. Jadi, kebijakannya tidak hanya berfokus pada permasalahan yang sudah terjadi di tanah air.

Mempertimbangkan berbagai manfaat di atas, tentu ekonomi Indonesia akan lebih maju apabila bergabung dalam OECD. Secara keseluruhan, manfaat menjadi anggota OECD adalah ekonomi akan jadi lebih baik daripada sebelumnya.

CATEGORIES
Share This